Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan Sukses melaksanakan Kegiatan PMH Camp dan Sekolah Kepenulisan

  • 05 September 2021
  • 10:26 WITA
  • Admin PMH
  • Berita

Penulis: Nurfadillah| Editor: Nur Ananda

Gowa, PMH.FSH.UIN-ALAUDDIN.ac.id.,,Dalam rangka merajut kebersamaan antar sesama pengurus Himpunan Mahasiswa jurusan, HMJ Perbandingan Mazhab dan Hukum gelar “PMH Camp” yang berlangsung di Desa Bissoloro, Bungaya, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sabtu Ahad 4-5 September 2021 yang bertema “Merawat Silaturahmi di Tengah Pandemi” dan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sekolah Kepenulisan. Yang dihadiri kurang lebih 48 orang mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Dan Hukum.

Acara ini dibuka oleh ketua HMJ PMH dengan membahas terkait persiapan serta kiat-kiat untuk menaikkan ikatan silaturahmi serta membentuk kerja sama secara aktual di lingkup universitas baik dari akademik maupun non-akademik dalam hal pendidikan serta menggencarkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dibawah pembinaan kemahasiswaan serta meminta kerja sama, doa, dan dukungan penuh dari semua pihak. Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari alumni/senior PMH yang menjelaskan “Makna Silaturahmi itu sendiri di mana di dalamnya membahas tentang keutamaan merajut silaturahmi terutama di masa pandemi seperti sekarang ini di mana tidak mudik merupakan bentuk/ wujud kasih sayang yang dapat kita tunjukkan kepada orang tua kita di kampung halaman di mana kita dapat meminimalisir penularan Covid-19 kepada orang yang lebih tua. Selain itu, esensi dari silaturahmi itu dapat melapangkan rezeki dan sebagai bentuk dari ketakwaan sosial kita karena sebagai manusia kita tidak boleh jika hanya bersilaturahmi secara vertikal akan tetapi juga harus diimbangi dengan silaturahmi secara horizontal.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat mahasiswa untuk mengeksplorasi diri di bidang kepenulisan ilmiah. Pada workshop penulisan ini, pemateri menjelaskan tentang penulisan berita atau reportase. Secara operasional pemateri menyajikan tentang langkah melakukan mencari dan menyusun, alur Penulisan, unsur atau nilai yang terkandung, panduan umum dalam penulisan serta teknik penulisan suatu karya ilmiah atau reportase. Kegiatan ini sangat penting karena merupakan kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari dan diemban, penulis juga dapat melihat law in action, sehingga penulis mendapatkan teori hukum dan juga hukum dalam sebuah rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut juga berperan penting karena mempersiapkan penulis untuk dapat mengikuti suatu perlombaan karya ilmiah serta dapat mengembangkan soft skills dan memperluas connections penulis. Serta kegiatan ini juga untuk merelaksasi antar mahasiswa senior dan mahasiswa angkatan 2019 bertujuan agar lebih mendekatkan diri terhadap adaptasi yang hanya didapatkan pada momen ini.